Asesmen lapang akreditasi PS Magister Teknik Mesin

Posted by

Asesmen lapang atau visitasi akreditasi program Studi Magister Teknik Mesin (PSMTM) telah berjalan lancar tanggal 9 dan 10 Mei 2019. Sebagai asesor adalah Prof. Mulyadi Bur dari Universitas Andalas – Padang dan Dr Wahyu Hariyadi MSME dari Universitas Hasanuddin – Makasar. Keduanya dijemput dari bandar Juanda Kamis pagi dan tiba di Unej  sekitar pukul 13.30 WIB langsung bekerja di ruang dekan FT.

Sesi pertama adalah klarifikasi dengan pimpinan fakultas dilanjutkan dengan pengecekan bukti borang 3b (borang isian fakultas). Poin demi poin diperhatikan oleh asesor dan tim borang mencoba menunjukkan bukti-bukti yang diminta. Kedua asesor termasuk sangat detai dan teliti dalam mengecek borang. Sehingga tidak ada satu poin pun luput dari perhatian mereka. Rehat acara penilaian hanya pada saat buka puasa bersama dilanjutkan shalat maghrib. Acara usai larut malam pukul 22.30 WIB, dengan pesan besok akan dilanjutkan dengan sesi bertemu dengan tim borang 3A mulai pukul 6 pagi.

Pukul 6 pagi lebih sedikit kedua asesor telah tiba di Fakultas Teknik. Seperti sebelumnya, detil bukti diminta oleh asesor; dari bukti SK atau aturan tentang berbagai hal yang telah ditulis pada borang 3A, bukti notulen rapat, bukti publikasi, SOP berbagai aktivitas dan proses monev. Dari sesi ini, hal utama yang dapat dipetik adalah: (i) semua kegiatan harus ada dokumentasi, (ii) perlu tim monitoring dan ecvaluasi tingkat program studi yang akan memonev jalannya aktivitas prodi.

Tim asesor juga melakukan kunjung lapang melihat ruang dosen, UPT TI, dan fasilitas laboratorium di kampus Patrang. Prof Bur juga bedialog dengan mahasiswa yang di laboratorium. Usai kunjungan beliau memberi arahan dan saran ke para mahasiswa untuk giat belajar dan kalau dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan dianjurkan melanjutkan studi ke luar neger. Jika studi ke luar negeri selain belajar ilmu juga belajar budaya yang berbeda dan mengambil buadya baik yang mereka punya. Pada khirnya beliau memberi penekanan untuk menjaga kesehatan. Tanpa badan sehat tentu tidak akan dapat melakukan aktivitas dengan lancar apalagi aktivitas belajar.

Usai kujungan lapang tim dipecah, Prof Bur melanjutkan diskusi dengan tim borang 3A sementara Dr Wahyu berdialog dengan mahasiswa S-2, teknisi dan tenaga kependidikan. Draft hasil pemeriksaan diserahkan ke tim untuk diperiksa sebelum penandatangan berita acara. Acara terakhir setelah tim asesor meminta waktu berdiskusi berdua adalah wrap up. Berita acara pemeriksaan borang 3A diserahkan oeh Prof Bur ke Kaprodi S-2, Sementara Bu Dekan menerima penyerahan berita acara borang 3B dari Dr Wahyu. Acara keseluruhan berakhir pukul 01.30 WIB dini hari Sabtu.

Tamu asesor diantar ke hotel. Rencananya Prof Bur akan naik kereta pukul 5 pagi ke Surabaya dan terbang ke Padang. Sementara Dr Wahyu naik kereta siang karena penerbangan Juanda – Makasar malam hari. Selamat jalan para asesor. Semoga selamat aman lancar sampai tujuan! Bagi civitas akademika tfakultas eknik, terutama PSMTM tinggal berdoa semoga mendapat nilai akreditasi yang memadai,.

 

 

(Pewarta: M.Darsin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *