Dr Nasrul presentasi paper ke international conference di Thailand

Posted by

Pada 18-21 Oktober 2019 Dr Nasrul Ilminnafik ke Thailand mempresentasikan paper beliau di ajang International Conference on Sustainable Agriculture, Food, and Energy (SAFE2019). Conference ini mengusung topic ”Green Agri-food Energy Production for a Better World in a Changing Climate”. Acara ini diselenggarakan di Pukhet atas kerjasama tiga universitas yaitu Chiang Mai University, Thailand; Pukhet Rajabaht University, Thailand dan Andalas University, Indonesia. Selain dari Fakultas Teknik, ternyata ada dua belas dosen lain dari Universitas Jember: Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian.

Pada event ini Bapak Koordinator Program Studi Magister Teknik Mesin ini menyampaikan artikel berjudul “Improving the Quality of Biogas with the Addition of Liquefied Petroleum Gas (LPG)” yang merupakan hasil riset kolaborasi bersama mahasiswa jenjang S-1 Teknik Mesin bidang Konversi Energi yang dijadikan skripsi. Riset ini merupakan upaya untuk mengurangi kendala penggunaan biogas dari kandungan karbon dioksida yang biasanya masih ada dalam kadar yang cukup tinggi pada biogas tanpa perlakuan khusus. Variasi komposisi volume penambahan LPG terhadap  biogas diujicobakan kemudian dilakukan observasi terhadap warna, suhu dan tinggi nyala api, dengan hasil paling efektif pada komposisi penambahan LPG 50%.

Para peserta conference

Konferensi ini merupakan agenda tahunan sejak tahun 2013. Tercatat event ini sejak pertama diselenggarakan di Padang dan berpindah sesuai kesepakatan bersama di antara tiga universitas penyokong secara berurut ke-dua di Bali, ke-tiga di Vietnam, ke-empat di Sri Lanka, ke-lima di Malaysia, ke-enam di Philipines. Sekarang adalah seri konferensi ke-tujuh. Rencananya tahun depan konferensi akan diadakan di Jeju, Korea Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *