Galang kerjasamasa dengan University of San Carlos Philippines

Posted by

Satu delegasi pimpinan dan wakil dosen Faklutas Teknik telah melakukan kunjungan ke University of San Carlos (USC) Philippines. Delegasi dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I  didampingi oleh Wakil Dekan II. Ikut dalam rombongan perwakilan dari masing-masing jurusan atau program studi. Dari Jurusan Mesin ada Dr. Boy Arif Fachri. Rombongan kerja selam dua hari 22 -23 Oktober 2018.

Masing-masing wakil institusi memaparkan hasil-hasil riset para koleganya dan juga potensi yang akan dikembangkan. Kemudian mencoba  saling diskusi dalam rangka menggali kemungkinan kerjasama. Hasil penting dari kunjungan ini, telah disepakati kerjasama antara Fakultas Teknik Uniej dan School of Engineering USC, di antaranya:

  1.  Penyelenggaraan international conference bersama dengan jadwal bergilir. Untuk tahun 2019 akan diadakan di Unej, tahun 2020 di USC dan seterusnya.
  2. Pertukaran dosen kuliah tamu. Di antaranya USC meminta pakar biofuel dan Unej minta pakar processing of food waste.
  3. Kerjasama riset dan publikasi.
  4. Pertukaran mahasiswa dan transfer kredit. Artinya mahasiswa USC boleh kuliah di Unej dan kredit yang diperoleh akan diakui oelh USC; dan sebaliknya. Untuk poin ketiga ini akan dibahas teknisnya lebih lanjut. Termasuk di dalamnya peninajuan kurikulum masing-masing institusi sebelum proses pertukaran mahasiswa berlangsung

Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut dan berkembang untuk kemajuan bersama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *