Kaprodi Magister Mesin Menghadiri Sosialiasi Akreditasi Sembilan Standar

Posted by

Akreditasi program studi telah diperoleh. Namun hasilnya belum seperti yang diharapkan. Maka KaPS tidak tinggal diam. Sejumlah rencana telah dicanangkan, satu yang sudah bulat mengajukan akreditasi ulang dalam enam bulan ke depan. Namun tidaklah mudah seperti membalik telapak tangan. Terutama dengan penggantian sistem penilaian akreditasi dari tujuh standar menjadi sembilan standar.

Untuk memersiapkan langkah ke depan Ketua PSM TM, Dr Nasrul Ilminnafik telah menghadiri undangan sosialisasi akreditasi sembilan standar pada tanggal 23 Mei 2019. Acara ini diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Jember dengan mengundang para pihak yang berkepentingan akan segera mengajukan akreditasi dan juga Badan Penjamian Mutu (BPM-Unej). Aula FP penuh dengan peserta yang antusias.

Sebagai pemateri adalah Dr Rudi Hari Murti dari Universitas Gadjah Mada, yang saat ini menjabat Wakil Dekan I Fakultas Pertanian UGM dan juga asesor BAN PT. Dalam paparannya, Dr Rudi menjelaskan bahwa dengan diberlakukannya sembilan standar bukan sekedar menambah yang tujuh menjadi sembilan. Namun ada perubahan mendasar terhadap kriteria penilaian. Karena yang dinilai bukan hanya samapai dengan luaran (output) namun juga dampak (outcome). Jadi, harus ada penyamaan persepsi dan ditindaklanjuti dengan langkah nyata oleh pimpinan (Rektor, Dekan dan Kaprodi).

Dari segi tata laporan, borang yang diunggah ke BAN PT tidak lagi ada Borang dan evaluasi diri (ED) 3A dan 3B. Dengan sistem baru, hanya ada dua berkas yaitu borang dan ED. Dalam isian Prodi dan Unit Pengelola Program Studi (Jurusan atau Fakultas) sudah terintegrasi. Demikian juga dalam memersiapkan kedua berkas, perlu keterlibatan tim gabungan antara Prodi, Jurusan/Fakultas dan Gugus Penjaminan Mutu. Dalam penyusunan ED, pola penyusunan ED versi yang lama ditambah dengan tantangan pengembangan ke depan berdasarkan kondisi internal dan eksternal.

Sebagai tambahan informasi dari Dr Rudi, bahwa BAN PT saat ini sedang sangat sibuk menyelesaikan ususlan akreditasi dengan sistem lama (tujuh standar) yang jumlahnya mencapai ribuan. Sisa bulan di tahun 2019 akan digunakan untuk visitasi dan penilaian usulan versi lama. Jadi, kalau usulan baru berdasar sembilan standar diajukan bulan September 2019, kemungkinan baru akan ada visitasi tahun 2020.

(Pewarta: M.Darsin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *