Inisiasi Kerjasama FT Unej dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

Posted by

Dalam rangka menjalin kerjasama internasional, Fakultas Teknik Universitas Jember sedang menjajagi kerjasana dengan University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Pertemuan resmi via media teleconference Zoom telah diadakan pada tanggal 24 Juni 2020 antara dekan FT Unej Dr Triwahju Hardijanto dengan Dean of Electrical Engineering Dr Roslan Omar. Sebelum pertemuan ini dapat berlangsung, telah diawali perbincangan antar teman yakni Dr Wahyu Mulyo Utomo asal Malang yang sekarang menjadi dosen di UTHM dengan rekan dari Unej Dr Mahros Darsin. Keduanya pun hadir mendampingi kedua dekan. Hadir juga Dr Nasrul Ilminnafik selaku Kaprodi Magister Teknik Mesin.

Dekan FT Unej memimipin teleconference perdana dengan UTHM

Pada pertemuan ini masing masing pihak menjelaskan tentang keadaan fakulttas. Dari presentasi keduanya ditemukan kesamaan visi bahwa kedua pihak sedang mengembangkan sustainable energy. Dalam hal kurikulum UTHM telah mengikuti Washington Accord dan telah terakreditasi internasional. Sedangkan FT Unej sedang menuju ke sana. Kemudian pihak UTHM bercerita tentang berbagai kerjasama yang telah berjalan dengan berbagai universitas di Indonesia. Di antaranya, student exchange baik long term (satu semester) maupun short term (untuk penyelesaian skripsi atau tugas akhir). Dalam hal ini mereka menawarkan free of charge atau tidak ada tagihan tuition fee serta disediakan asrama gratis. Sebagai gantinya mereka meminta hal yang sama. Dalam hal staff exchange, diharapkan bertukar dosen mengajar pada mata kuliah yang sama satu selama semester. Namun pada praktiknya hanya berjalan selama beberapa minggu.

Pertemuan pimpinan prodi FT Unej dengan para dean of UTHM

Pertemuan lanjutan diadakan pada 16 Juli 2020 dengan peserta meeting lebih lengkap. Dari FT Unej masing-masing kaprodi hadir ditambah kajur. Dari UTHM hadir para dean berbagai fakultas, seperti Electrical Engineering, Mechanical and Manufacturing Engineering, Civil Engineering. Saling berbagi visi, misi dan bercerita tentang berbagai riset yang sudah dikembangkan dan potensi riset berikutnya. Tak lupa saling bertukar pendapat masalah kurikulum yang dikembangkan. Dari pertemuan ini, akan ditindaklanjuti dengan pertemuan lebih spesifik antar jurusan dan fakultas (di UTHM). Perlu diketahui bahawa di UTHM tiap bidang keilmuan sudah menjadi fakultas tersendiri yang jika di FT Unej masih setingkat jurusan.

Pertemuan lebih fokus untuk bidang teknik mesin

Pertemuan berikutnya lebih menjurus diadakan antar pimpinan dan staff jurusan Mesin Unej dengan dean serta staff Fakultas Kejuruteraan Mekanikal dan Pembuatan (FKMP) UTHM yang diselnggarakan pada 29 Juli 2020. Pada kesempatan ini, yang menjadi host adalah dean FKMP Dr Kamrul-Azhar bin Kamarudin dengan media Google Meets. Selain itu hadir para ketua grup research dan centre of excellence. Dari Mesin Unej selain Bapak Hari selaku Kajur, hadir juga Dr Nasrul, Dr Koekoeh, Dr Asrofi, Dr Gaguk dan Dr Salahuddin serta Dr Mahros, juga Bpk Santoso selaku kaprodi D-3 Mesin.
Pertemuan sudah mulai menjurus tentang kerjasama riset. Dr Mahros sudah menemukan partner dari kelompok riset Precision Machining (PREMACH) yakni Dr Noor Hakim. Sementara Dr Nasrul berencana berkolaborasi riset dengan Prof Madya Ts. Dr. Norasikin binti Mat Isa dari Automotive Research Group (ARG) dan Energy Technologies Research Group (EnRG) juga Ts. Shahrin Hisham bin Aminordin dari Combustion Research Group (CRG). Dr Asrodi juga sudah menemukan lawan tanding Dr Al Emran Ismail. Ketiganya melakukan kontak dan komunikasi secara personal via telepon dan Whatsapp untuk melanjutkan sinergi kerjasama.

Semoga kerjasama bisa terwujud dan berlanjut yang membuahkan kebaikan bagi kemaslahatan umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *