Rapat Kerja Rencana Kerja tahun 2020 Jurusan Teknik Mesin

Posted by

Semua kegiatan program studi harus terencana dengan baik dan ada evaluasi atas program kerja tahun yang telah berlalu. Untuk maksud mensikronisasi program kerja semua program studi yang ada dalam naungan Jurusan Mesin Unej, maka diadakan Rapat kerja (Raker) membahas rencana kerja (Renja) tahun 2020. Acara ini dihadiri oleh Kajur, Sekjur dan semua kaprodi: D-III Mesin, S-1 Mesin, S-2 Mesin, Konstruksi Perkapalan, Teknik Kimia dan Teknik Perminyakan. Acara ini diselenggaran di Green Hill resort and hotel kawasan Rembangan, Jember pada hari Sabtu 14 Desember 2019 dari pukul 12 siang sampai pukul 17.30 menjelang maghrib.

Masing-masing kaprodi diberi kesempatan menyampaikan draft Renja yang sudah disusun sebelumnya oleh masing-masing tim program studi. Beberapa saran dan kesepakatan yang didapat dari raker ini, di antaranya: (i) PIC sebaiknya dari dosen home base masing-masing prodi, (ii) Pada pelaksanaan dianjurkan melibatkan dosen dalam dalam naungan jurusan, (iii) Kegiatan dengan luaran atau indikator yang sama supaya dapat berkolaborasi, misalnya peningkatan animo mahasiswa baru, (iv) Perlu distribusi beban sehingga merata ke semua staff.

Selain itu, untuk prodi yang merencanakan akreditasi atau re-akreditasi dalam waktu dekat supaya kegiatan dengan output menyelaraskan dengan sembilan kriteria. Berapa target yang ingin diperoleh, kemudian dari target tersebut diperinci untuk mencapai output tersebut dibebankan ke siapa. Misalnya, untuk mendapat level unggul maka harus ada hibah/kerjasama penelitian luar negeri maka sampai dengan periode pengumpulan berkas kreditasi siapa dosen yang diberi amanah untuk mendapatkan hibah penelitian/kerjasama tersebut. Hal ini berlaku juga untuk prodi yang baru saja mendapat akreditasi dengan nilai bagus dan merencanakan akreditasi lima tahun ke depan.

Prodi yang sudah mendapatkan mitra kerja industri yang mantab seperti Prodi Perminyakan dengan SKK Migas maka dapat melibatkan prodi lain dalam kegiatannya. Perlu diketahui bahawa SKK Migas menawarkan kuliah tamu tiap bulan dengan biaya dari mereka. Maka tawaran seperti ini jangan dilewatkan. Jika prodi Perminyakan cukup dengan tiga atau empat kali saja dalam setahun, maka di bulan lain dapat dimanfaatkan oleh prodi lain.

(Pewarta: M. Darsin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *