Open talk Program Magister

Posted by

Program Studi Magister Teknik Mesin (PSM TM) telah berjalan melewati semester ke lima. Untuk menampung aspirasi para mahasiswanya, Koordinator PSM  TM – Dr Nasrul Ilminnafik –  berinisiatif mengadakan open talk. Acara ini diselenggarakan di Ruang Rapat Lt 2 gedung A Fakultas Teknik pada 1 Februari 2019 dimulai dari pukul 15.00 WIB. Hadir pada open talk ini hampir semua mahasiswa magister dan para dosen yang ber-home base di S-2. Sebagai informasi bahwa PSM TM menyelenggarakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru tiap semester. Pada semester genap 2018/2019 ada tambahan tiga mahasiswa baru diterima di program studi ini. Jadi, total mahasiswa sekarang adalah 26 orang.

Acara dialog secara santai bernuansa kekeluargaan. Ada beberapa masukan yang langsung dibahas tuntas pada saat itu; di antaranya masalah mata kuliah pilihan yang akan ditawarkan sesuai dengan topik thesis yang akan dan sedang ditempuh mahasiswa. Kemudahan akses ke jurnal internasional juga menjadi fokus para dosen dan mahasiswa. Diinformasikan bahwa DIKTI sudah memberi fasilitas kemudahan untuk hal ini; lagi pula UPT Perpustakaan Unej juga melanggan dua jurnal papan atas yaitu Springer dan Springer Nature. Tentang mahasiswa yang akan mengajukan cuti semester genap 2018/2019 juga menjadi perhatian KaPS dan para dosen pembimbing akademik. Kebanyakan alasan pengajuan cuti adalah kesibukan di tempat kerja asal mahasiswa. Ada sejumlah lima mahasiswa ditargetkan lulus semester ini sambil menunggu hasil proses akreditasi program studi. Dalam rangka menyambut visitasi tim akreditasi, semua dosen dan mahasiswa diharapkan aktif saling membantu dan bekerjasama. Sedangkan mahasiswa baru akan segera mendapat dosen pembimbing akademik dan mendapatkan arahan pemrograman mata kuliah semester ini.

Acara open talk ditutup pukul 17 WIB dan semua peserta open talk nampak merasa lega. Ada titik cerah bagi para mahasiswa yang sudah pada tahap akhir penyusunan thesis bahwa mereka segera lulus seiring perolehan sertifkat akreditasi. Sedangkan bagi mahasiswa yang baru dan sedang menyusun thesis sudah jelas mata kuliah pilihan yang akan ditempuh untuk penguatan analisisnya. Tak lupa, mahasiswa baru juga ceria memulai masa orientasi dan mengawali kuliah perdana pada 1 Maret 2019.

(Pewarta: M. Darsin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *