Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal Rotor

Posted by

Untuk menaikkan peringkat akreditasi Jurnal Rotor telah diadakan workshop tentang akreditasi jurnal tanggal 10 dan 12 Desember 2019. Acara ini diselenggarakan di ruang rapat Fakultas Teknik lantai II Gedung B. Hadir dalam workshop ini editor in chief Dr. Nasrul Ilminnafik dan managing edior Dr. Mochamad Asrofi. Selain itu semua reviewer internal hadir walau tidak penuh waktu. Turut diundang dan hadir Bu Nelly dan Bapak Mega sebagai pengelola Jurnal Program studi Teknik Mesin Online (J-Proteksion). Acara ini mengundang tiga pemateri: (i) Prof. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D, (ii) Bapak Yoyok Yulianto, dan (iii) Drs. Siswoyo, M.Sc., Ph.D.

Acara tanggal 10 Desember diisi oleh Prof Slamin dengan topik “Staretegi Peningkatan Akreditasi Jurnal Rotor”. Pada paparannya, Prof Slamin menjelaskan dengan detil bagaimana proses dan penilaian jurnal dengan standarisasi Sinta. Sebagai asesor akreditasi jurnal nasional berbasis Sinta, beliau menjelaskan bagaimana proses pengelolaan jurnal dan melakukan evaluasi diri sebelum

Suasana diskusi

mendaftaran akreditasi ke Sinta. Nilai akreditasi nantinya dikonversikan menjadi Sinta 1 (S1) sampai dengan Sinta 6 (S6). Yang perlu disadari adalah standarisasai Sinta adalah standar pengelolaan jurnal. Beberapa masukan terhadap jurnal Rotor di antaranya; (i) kontinyuitas penerbitan dengan minimum lima artikel tiap edisi, (ii) editor beberapa harus dari luar institusi, (iii) proses review artikel, dll.

Pemateri kedua menyampaikan topik “Pengelolaan administrasi jurnal dalam rangka pengajuan akreditasi jurnal Rotor” oleh Pak Yoyok yang adalah staf pengelola administrasi dua jurnal di Unej yaitu Jurnal Ilmu Dasar(JID) di FMIPA dan Berkala Saintek milik Unej. Beliau banyak memberikan teknis pengelolaan administrasi sebuah jurnal online melalui Online Journal System (OJS); mulai dari tampilan, menu, link ke pengindeks (misalnya DOAJ, Sinta, CrossReff, dll), visit counter dan flag counter dan template. Tidak luput dari hal yang harus diperhatikan pendaftaran Document Identifier Object (DOI). Semua harus dilakukan sebelum proses pendaftaran akreditasi jurnal supaya mendapatkan nilai yang bagus.

Karena padatnya jadwal, Bapak Siswoyo, Ph.D menyampaikan paparan tentang “Proses Publikasi Artikel Ilmiah” pada hari yang berbeda dari kedua pemateri sebelumnya. Dengan pengalaman beliau mengelola jurnal JID dan Berkala Saintek juga reviewer beberapa jurnal nasional dan internasional, diskusi penyampaikan materi berjalan mengalir lancar. Menurut belaiu, proses publikasi dimulai dari review artikel yang masuk, pertama masalah kesesuaian scope dan format umum oleh editor. Kemudian untuk isi materi disalurkan oleh tim editor ke para reviewer sesuai bidang. Seluruh komunikasi antara author, editor dan reviewer hendaknya via dan terekam dalam OJS walau masih memungkinkan via email. Hal penting ditekankan beliau adalah pendaftaran DOI, yang kebetulan beliau adalah person in charge (PIC) untuk urusan itu di Universitas Jember.

Ketiga pemateri sebagai sesama warga Unej menawarkan diri untuk tetap membantu setelah acara worksop ini. Beliau bertiga juga menekankan perlunya Jurnal Rotor untuk segera diakreditasikan.

(Pewarta: M. Darsin)

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *