Kunjungan Industri ke PT. INKA Madiun

Posted by

Hari Jumat 4 November 2019 mahasiswa Program Magister Teknik Mesin Unej melakukan kunjungan industri ke PT INKA di Madiun. Rombongan naik bis Unej berangkat tengah malam atau Jumat dini hari didampingi para dosen di antaranya Dr Salahuddin Junus, Pak Danang, Bu Rika, Pak Adib. Sementara ada beberapa dosen – Dr Nasrul, Pak Hari, Bu Rei, Bu Vicca, Bu Erizka dan beberapa teknisi –  berangkat dari Malang usai menghadiri prosesi ujian terbuka desertasi Pak Nur Koyim di Universitas Brawijaya.

Tujuan utama kunjungan ini adalah lebih mendekatkan mahasiswa pasca sarjana ke dunia manufaktur riil. Seperti diketahui bahwa PT. INKA adalah BUMN yang bergerak di bidang desian dan produksi kereta api dan saat ini sudah ekspansi dengan mendirikan cabang pruduksinya di Banyuwangi. Selain itu, kunjungan ini sebagai tindak lanjut kuliah tamu dari PT INKA beberapa waktu yang lalu ke jurusan Mesin Unej berupa penandatanganan kerjasama dalam bidang pengajaran dan riset antara Fakultas Teknik Unej dengan PT. INKA.

Kajur Mesin Unej menyampaikan paparan

Pada sambutannya, ketua jurusan Teknik Mesin Unej – Bpk Hari Arbiantara – memaparkan visi misi program studi yang ada di bawah jurusan mesin Unej dan capaian yang sudah diraih serta upaya ke depan untuk menjadikan mesin Unej menjadi unggul di tingkat nasional. Beliau juga menitipkan jika ada mahasiswa Unej yang menjalani kerja praktek supaya dapat dibina dan difasilitasi. Ke depan, perlu digalang kerjasama riset antar Mesin Unej dengan PT. INKA.

Sambutan dari perwakilan PT INKA

Pihak PT INKA dalam sambutannya yang diwakili oleh Ir. Puguh Dwi Tjahjono selaku General Manager Sekretaris perusahaan menyampaikan terimakasih telah menjadi tujuan kunjungan industri ini. Selain itu juga dipaparkan bahwa PT INKA juga sangat terbuka untuk melakukan kerjasama riset dengan perguruan tinggi. Yang sudah berjalan selama ini adalah kerjasama dengan ITS-Surabaya dan UNS-Surakarta.

Beberapa waktu sebelumnya telah ditandangangi Nota kesepahaman (MOU) antara Universitas Jember dengan PT INKA. Selanjutanya akan ditindaklanjuti dengan Kesepahaman kerjasama secara  teknis (MoA). Adapun agenda kerjasama secara detil masih dalam diskusi lanjut.

Usai penyambutan di auditorium PT. INKA dilanjutkan kunjungan ke fasilitas produksi di pabrik. Salah satu pesanan yang sedang dibuat adalah gerbong penumpang untuk Negara Bangladesh.

Berpose sejenak di depan PT INKA

Acara ditutup dengan jamuan makan siang usai shalat jumat di masjid PT. INKA. Rombongan mahasiswa dan beberapa dosen langsung balik ke Jember. Sementara beberapa dosen yang menjadi tim inti akreditasi masih melanjutkan acara evaluasi akreditasi di Tawangmangu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *