Rapat darat terbatas berjarak membahas POS seminar dan ujian Tugas Akhir online

Posted by

Seiring keputusan dari rektorat Universitas Jember bahwa untuk kegiatan seminar dan ujian skripsi atau tugas akhir dapat dijalankan secara daring, maka Dekan Fakultas Teknik – Dr. Ir Triwahju Hardiyanto, S.T., M.T. – mengundang ketua dan skretaris Gugus Penjaminan Mutu dan Unit Penjaminan Mutu (GPM dan UPM) untuk membahas prosedur dan teknis pelaksanaanya. Rapat ini digelar di ruang rapat Fakultas Teknik pada hari Selasa 7 April 2020 mulai pukul 8 pagi rencananya selam dua jam. Walau diselenggarakan dalam sebuah pertemuan tatap muka langsung, namun tetap mengindahkan kaidah protocol kesehatan selama masa wabah corona, di antaranya dengan menjaga jarak, jumlah yang minim, serta keadaan jendela terbuka untuk menjaga sirkulasi udara dan cahaya tetap baik.

Rapat dibuka langsung oleh Bapak Dekan dan memersilahkan ketua GPM, Dr Ir. Bambang Sri Kaloko, S.T., M.T. untuk memimpin pembuatan Prosedur Operasional Standar (POS) pelaksanaan seminar dan sidang skripsi secara daring.  POS yang dirancang berdasrkan POS yang telah ada dan berjalan di Fakultas Teknik selama ini dengan modifikasi menyesuaikan sistem daring.

Suasana rapat terbatas berjarak di ruang Dekan FT

Rupanya salah satu peserta rapat yakni Dr. Mahros Darsin yang juga ketua Komisi Bimbingan S-1 Teknik Mesin telah menyiapkan borang pengganti form yang selama ini dipakai. Di antaranya, form pengecekan persyaratan seminar proposal diganti dengan google form yang memudahkan mahasiswa. Pihak terkait yang harus mengecek (administrasi jurusan, dosen wali dan kasub akdemik dan kemahasiswaan) tinggal mengisi google form ini tanpa harus membubuhkan tanda tangan. Demikian juga untuk mengecek persyartan sebelum maju sidang ujian. Untuk persetujuan pembimbing dan penguji bahwa mahasiswa telah merevisi sesuai saran mereka juga cukup mengisi google form yang disediakan. Sedangkan untuk pelaksanaan seminar dan sidang, telah disiapkan google sheet yang akan dibagikan ke pembimbing dan penguji dengan kewenangan untuk mengedit. Pada sisi tempat tandatanagn harus dibubuhkan cukup dengan tandatangan elektronik.

Usai ishoma rapat dilanjutkan dengan simulasi ujian skripsi dengan seolah peserta rapat sedang menjadi pembimbing dan penguji pada sebuah seminar proposal skripsi mahasiswa. Dari simulasi ini, muncul usul-usul perbaikan dan penambahan butir-butir pada SOP. Media teleconference yang akan digunakan diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing program studi atau jurusan. Sebagai catatan pekan sebelumnya tanggal 30 Maret 2020 telah dilaksanakan seminar proposal tesis seorang mahasiswa magister teknik mesin secara daring dengan lancar.

Sebelum dijalankan, rencanya SOP ini akan disosialisakan ke para Komisi bimbingan dan koordinator program studi.

Rapat ditutup pukul 4 sore sambil menunggu hujan deras reda.

POS Seminar dan Ujian Tugas Akhir secara daring dapat diunduh di sini.POS Tugas Akhir masa KLB Covid-19

(Pewarta: M. Darsin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *