Seminar proposal tesis secara online (daring)

Posted by

Masa darurat karena wabah corona diperpanjang sampai dengan 30 April 2020. Semua kegiatan akademik dilakukan secara daring (daring = dalam jaringan = online). Kuliah, pembimbingan, seminar dan ujian Tugas Akhir semuanya daring. Seminar proposal daring pertama digelar tanggal 30 Maret 2020 dari pukul 15.20 selama 60 menit. Dani Eka Anggraita menjalani ini dengan lancar. Topik yang diangkat menjadi tesis alah tentang korosi pada lambung kapal laut.

Perangkat lunak Zoom digunakan dengan Dani sebagai host mengundang para dosen. Sebagai pembimbing adalah Dr Gaguk Jatisukamto dan Dr Salahuddin Junus; sedangkan sebagai penguji adalah Dr Mahros Darsin, Dr Agus Triono dan Dr Nasrul Ilminnafik. Pihak yang terlibat tersambung dalam komunikasi video jarak jauh ini dari rumah masing-masing. Pula Dani dari tempat domisilinya di Gresik.

Tangkapan layar video seminar proposal tesis secara daring

Acara berjalan relatif lancar dengan sedikit tersendat pada menit ke 40. Ya, memang untuk penggunaan Zoom yang bebas bayar, maka akan terbatas selama 40 menit saja. Namun dapat dilanjutkan kembali tanpa mengalami kesulitan.

Sesi tanya jawab dimanfaatkan oleh para penguji untuk memastikan bahwa Dani akan lancer mengerjakan riset tesis ini sesuai kurun waktu yang tersedia. Masukan berharga dari para dosen penguji tentang bobot ilmiah yang akan dikaji. Demikian juga metode pengujian korosi yang akan digunakan supaya memertimbangkan masalah ketersediaan fasilitas dan jam kerja selama masa darurat corona.

Seminar diakhiri pada pukul 16.20 WIB. Ini merupakan sidang teleconference pertama di Program Studi Magister Teknik Mesin. Pengalaman ini akan memberikan dorongan bagi mahaiswa lain yang sudah siap untuk maju seminar hasil atau ujian tesis.

 

(Pewarta: M. Darsin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *