Kuliah tamu oleh Mohd Sabri Hussin, PhD Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP)

Posted by

Topik kuliah tamu

Pada penghujung semester genap 2020/2021 telah diadakan kuliah tamu dengan mengundang dosen dari Universiti Malaysia Perlis (UniMAP). Tepatnya kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Juni 2021 pukul 8-11 WIB. Topik yang dibawakan adalah Digital Engineering, Modelling & Simulation in Mechanical Engineering.
Contoh studi kasus

Topik yang disajikan pada kuliah tamu jelas sesuai dengan kebutuhan ke depan bagi para lulusan teknik mesin, apalagi bagi para calon magister. Guest lecturer masih cukup muda, namun telah banyak berpengalaman dalam modeling dan simulasi di bidang desain for manufacture. Pada kesempatan ini, Dr Sabri (begitu panggilan resminya) menyajikan satu kasus pemodelan wear atau aus pada tulang pengganti di bagian lutut. Projek ini beliau kerjakan sebagai topic riset beliau waktu menempuh studi doctoral di Auckland University New Zealand dengan sponsor dari perusahaan bernama Surgionix̟®. Pada dunia kedokteran dan kesehatan ketika hendak melakukan implantasi atau penggantian organ tubuh maka perlu dipastikan bahwa organ implant (pengganti) itu aman. Untuk kasus pengganti tulang sendi pada lutut harus dipastikan juga bahwa bahan implant tidak akan mengalami aus selama umur hidup pemakai. Dengan adanya pemodelan dan simulasi, dapat diprediksi tingkat keausan bahan implant ini. Untuk memastikan validitas model, maka dlakukan uji coba atau eksperimen wear test dengan tipe bock on ring. Untuk pemodelan sendiri, tentu melalui beberapa tahap sebagaimana umumnya yaitu pembuatan model lutut, model implant yang ditempelkan ke tulang asli, dilanjutkan dengan pemberian boundary condition dan terakhir running simulasi. Dengan pemodelan computer akan diperoleh desain yang optimum dengan banyak mengurangi eksperimen trial and error.

Sebagai tambahan penyemangat mahasiswa untuk belajar pemodelan, Dr Sabri menambahkan bahwa kalau kita mahir di dunia pemodelan, maka kita dapat mengambil job dari seluruh dunia sementara kita dapat bekerja di dan dari rumah. Salah satu contoh web yang menyediakan hal ini adalah https://www.frelancer.com/ dan https://www.upwork.com . Pas banget dengan situasi pandemic saat ini!. Pekerjaan dari dunia maya sudah semakin lumrah, dapat menjadi penghasilan tambahan atau bahkan sumber penghasilan utama. Namun ayah tiga anak ini mengingatkan dari kenakalan scammer atau penjahat di dunia maya. Perhatikan kontrak yang disepakati. Karena biasanya akan diberikan uang muka dan selebihnya akan dibayarkan jika seluruh pekerjaan selesai. Sebaiknya jangan diberikan hasil sepenuhnya hasil kerja kita sebelum ada kepastian pembayaran, cukup diberikan screenshot!
Sebagian tampilan materi kuliah tamu

Pada akhir kuliah ada sesi tanya jawab. Ada beberapa pertanyaan dan sharing pengalaman dari mahasiswa tentang pembuatan simulasi. Kalau di UNEJ kendala utama adalah tidak ada lisensi resmi yang kita punya atas software yang biasa digunakan untuk pemodelan seperti ANSYS dan ABAQUS. Maka beliau menyarankan untuk memakai versi student untuk riset skripsi atau tesis. Ya tentunya dengan keterbatasan yang dapat digunakan. Alternatif lainnya beliau menawarkan kerjasama riset UNEJ-UniMAP. Untuk tindaklanjut yang terakhir, konsep MoU sedang dalam penggodokan Tim Kerjasama FT UNEJ.
Peserta kuliah tamu

Semoga berawal dari kuliah tamu ini aka nada kerjasama saling menguntungkan antara UNEJ dan UNiMAP di masa yang akan datang. Thank you kasih Dr Sabri, terimakasih para panitia dan peserta kuliah tamu.

(Pewarta: M. Darsin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *